Panduan Lengkap Budidaya Lele Sistem Biofol Untuk Pemula

by

Panduan Lengkap Budidaya Lele Sistem Biofol Untuk Pemula – Sistem budidaya menggunakan kolam biofolk termasuk yang mudah dilakukan oleh semua pemula. cara beternak ini umumnya dilakukan untuk budidaya lele. Budidaya lele menggunakan sistem ini adalah teknik untuk menciptakan mikroorganisme sekaligus limbah yang digunakan untuk pemeliharaan. Limbah inilah yang membentuk gumpalan kecil yang dimanfaatkan sebagai pakan alami lele. Cara ini lebih hemat dan mudah untuk beternak lele.

Tentunya ada beberapa hal yang diperhatikan ketika akan menerapkan sistem biofolk ini. Sistem biofolk ini memerlukan air yang mengalir secara kontinyu. Ini merupakan salah satu bagian penting dalam menerapkan sistem ini sehingga pemeliharaannya bisa awet. Selain itu anda juga mesti menguasai teknik lainnya dalam membuat kolam biofolk sehingga budidaya anda tidak hanya asal meniru saja. berikut ini ulasan lengkapnya untuk panduan lengkap budidaya lele dengan sistem biofolk.

Budidaya Lele Dengan Sistem Biofolk

  1. Pembuatan kolam

Pertama-tama adalah pembuatan kolam terlebih dulu. Pengeluaran anda bisa dikendalikan dengan kolam biofolk. Selain itu material pembuatnya cukup sederhana hanya berupa rangka kayu dan besi saja. selain itu lahan yang diperlukan hanya 1 m3 untuk menebar bibir lele. Agar tidak terkena panas dan rintik hujan pasang penutup dari kerangka bambu. Sediakan aerator agar gelembung udara bisa dihasilkan dalam air sehingga kesehatan lele bisa terjaga.

  1. Pesiapan air pembesaran

Sediakan air yang cocok untuk pembesaran bening lele. Masukan air setinggi 80-100 cm kedalam kolam. Kemudian masukan probiotik sejenis POC BMW 5 ml/m3. Probiotik ini bisa anda dapatkan khusus ditoko khusus budidaya dan pertanian. Kemudian campurkan pakan bakteri ini dengan tetes tebu dengan dosis 250l/m3, serta tambahkan dolomit 150-200 dimalam harinya. Biarkan kolam diisi air dan diamkan sampai 10 hari agar mikoorganisme tumbuh.

  1. Penebaran dan perawatan benih lele

Tahapan selanjutnya adalah menebar benih yang siap ditebar. Ciri-ciri yang berkualitas unggul antara lain memiliki gerakan aktif dengan warna dan ukuran seragam. Selain itu organ tubuhnya lengkap dan 4.-7 merupakan pilihan proporsional untuk diambil. Kemudian tambahkan probiotik sebanyak 5ml/m3 pada keesokan harinya. Pada tahap selanjutnya di 10 hari pertama campurkan 5ml/m3 probiotik dengan ragi tempe sebanyak 1 sendok makan/m3 dan ragi tape dengan perbandingan yang sama. Jika sudah berukuran 12 cm maka tambahkan dolomit sebanyak 20-300 pada malam hari.

  1. Pemberian pakan

Penyedia pakan yang berkualitas menunjang sistem budidaya ini. jangan lupa untuk mengecek aerator kolam dan beri makan secara teratur. Untuk dosis pemberian pakan hanya 80% dari kekuatan perut ikan. Agar penyakit terminimalisir, lele sebaiknya dipuasakan setiap seminggu sekali. Jika ingin memberinya pakan sebaiknya lakukan fermentasi terlebih dulu menggunakan probiotik untuk makanannya. Cara ini bisa mengurangi pemberian pakan anda hingga 30 persen.

Itulah beberapa panduan budidaya lele dengan kolam biofolk. Pada umumnya lele berumur 3.5-3 bulan sudah siap dipanen dengan berat 1 kg yang berisi 7-8 ekor. Semoga bermanfaat serta selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *