Panduan Lengkap Menanam Bawang Bakung Bagi Pemula

by
Panduan Lengkap Menanam Bawang Bakung Bagi Pemula

Panduan Lengkap Menanam Bawang Bakung Bagi Pemula – Bawang bakung merupakan salah satu jenis bawang-bawangan yang bisa tumbuh baik diberbagai kondisi lahan. Tanaman ini biasanya digunakan untuk berbagai campuran makanan. Seperti martabak, sop, dsb. Tentu saja menanam dan membudidayakannya merupakan hal yang bisa anda coba lakukan serta prospek bisnis yang menjanjikan. tanaman yang masuk kedalam genus Allium L ini menjadi salah satu yang banyak dicari dipasaran. Sebenarnya menanam bawang bakung hampir sama dengan jenis bawang lain.

Bagi anda para pemula, anda bisa mencoba beberapa teknik mudah untuk menanam bawang bakung. Misalnya dengan cara menanam didalam pot atau menggunakan sistem langsung pembibitan diatas lahan. Salah satu syarat penting agar tanaman ini cepat tumbuh dengan memilih lahan yang gembur. Lahan gembur ini akan memudahkan air dan pupuk untuk masuk. Selain itu buatlah bedengan seperti halnya menanam bawang merah. Dibawah ini adalah ulasan lengkap untuk panduan menanam bawang bakung yang bisa anda coba.

Panduan Lengkap Menanam Bawang Bakung Bagi Pemula

Teknik Menanam Bawang Bakung Bagi Pemula

  1. Pengolahan tanah

Lahan yang berkualitas akan memberikan hasil yang sama pula. Lahan yang diperlukan untuk bawang bakung mesti digemburkan terlebih dulu sehingga memudahkan proses penanaman. Proses penggemburan tanah bisa dilakukan dengan cara dibajak dan dicangkuli. Selain itu anda bisa membuat bedengan sama dengan menanam bawang merah dan bawang putih.

  1. Persiapan bibit dan penanaman bawang bakung

Langkah selanjutnya adalah persiapan bibit. Bibit yang baik akan menghasilkan anakan yang baik. setelah memilih bibit yang tidak cacat dan gemuk, kemudian tanam dengan cara tugal. Buat lubang dengan jarak 20×20 cm kemudian tanami setiap lubang dengan 1 hingga 2 batang bibit bawang bakung. Sebelum ditanam ada baiknya untuk dipotong bagian batas bawang agar menghasilkan anakan yang berkualitas.

  1. Perawatan bawang bakung

Lakukan penyiangan terhadap gulma dan tanaman lain yang tumbuh disekitarnya. Penyiangan yang pertama dilakukan ketika bawang bakung berumur 3 minggu setelah itu lakukan penyiangan kembali setelah bawang bakung berumur 3 minggu. Setelah penyiangan dilakukan lakukan pemupukan susulan menggunakan ZA yang berdosis satu sendok teh untuk setiap tanaman. Pemupukan perlu dilakukan secara teratur agar hasil tanam lebih maksimal.

  1. Panen bawang bakung

Tahapan selanjutnya adalah panen. Bawang bakung siap dipanen setelah berumur 1 hingga 2.5 bulan. Bawang bakung ini memiliki ciri khas batang yang besar dan gemuk serta bentuk daun yang segar dan panjang. Jika ciri tersebut didapat maka bawang bakung sudah siap panen dan langsung dipasarakan.

Itulah beberapa teknik mengenai budidaya bawang bakung secara lengkap. Anda bisa mencoba budidaya ini sebagai alternatif bisnis anda dibidang pertanian dengan modal yang tidak terlalu besar. selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *