Teknik Budidaya Jeruk Siam Agar Cepat Panen

0
1150

Teknik Budidaya Jeruk Siam Agar Cepat Panen – Jeruk siam merupakan jensi jeruk yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Jeruk ini juga dikenal dengan nama jeruk keprok yang rasanya tidak kalah dengan jeruk import. Jeruk siam masih menjadi primadona banyak orang sehingga masih banyak dibudidayakan. Keunikan jeruk ini adalah baik tumbuh diberbagai tempat mulai dataran rendah hingga tinggi. Perawatannya sebenarnya lebih mudah daripada menanam jeruk impor. Jika proses panen hingga perawatan dilakukan baik maka hasilnya juga akan berkualitas.

Syarat jeruk siam tumbuh baik salah satunya ditanam didaerah dengan curah hujan cukup dan memiliki tanah dengan tingkat pH sebesar 5.5 hingga 6.5. sinar matahari juga mempengaruhi kesuburan tanaman ini. karena pasarnya masih potensial tentu saja budidaya jeruk siam tepat anda pilih sebagai lahan bisnis terbaru. Jika anda ingin memanfaatkan lahan untuk menanam jeruk siam, berikut ini ulasan lengkap mengenai panduan tekniknya.

Budidaya Jeruk Siam Agar Cepat Panen

  1. Penanaman jeruk siam

Jeruk siam tumbuh di lahan dengan kemiringan 30 derajat dan mampu ditanam di tegalan sawah pula. bibit ini diperoleh dengan cara generatif melalui biji atau dengan cara vegetatif melalui teknik sambung pucuk. Jika anda sudah mendapatkan bibis maka masukanlah kedalam lubang yang telah disiapkan. Setelah itu siram dengan air dan tutup lubang dengan tanah. Alasi bagian tanah dengan daun kelapa dan jerami agar terlindung dari hama dan gulma. Sebaiknya penanaman daun ini dilakukan pada awal musim hujan.

  1. Penyiangan

Tahap selanjutnya adalah penyiangan. Tahapan ini masuk dalam perawatan tanaman jeruk. Lakukan penyiangan disekitar tanaman jeruk secara rutin. Setelah pohon jeruk membentuk tajuk, anda juga mesti memangkas ranting yang telah kering dan tidak produktif lagi. penyiangan dan pemangkasan ini perlu dilakukan agar tanaman bisa tumbuh subur tanpa adanya gangguan hama.

  1. Penyiraman

Tahap selanjutnya adalah penyiraman. Tanaman jeruk memerlukan penyiraman dalam skala normal. yaitu 2 kali sehari. Namun anda juga bisa melakukan penyiraman setidaknya satu kali dalam seminggu. Cara ini sangat tepat agar jeruk tumbuh subur dan hasil buahnya lebih manis.  Hindari genangan air karena akan membuat akar tanah membusuk. Selain itu sertai dengan penggemburan tanah agar air bisa meresap sempurna kedalam tanah.

  1. Pemupukan

Proses pemupukan jeruk dimulai ketika berumur 1 bulan. Dalam teknik ini, jeruk bisa diberikan pupuk organik maupun kimia. Perhatikan usia tanaman jeruk anda karena kebutuhan pupuk akan berbeda dari usia yang dimiliki jeruk. Proses ini mesti dilakukan secara teratur sehingga jeruk memiliki hasil yang optimal.

Itulah beberapa tahapan budidaya jeruk siam. Lakukan pemupukan dan penyiraman secara teratur sehingga tanaman jeruk tumbuh subur tanpa adanya hama. Semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here