Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Mengambil Peluang Bisnis Dengan Modal Kecil

by

Menjadi ibu rumah tangga adalah sebuah keputusan yang mulia. Namun, ibu yang bekerja di rumah bukan berarti tidak bisa menghasilkan uang. Di bawah ini adalah resiko, kelemahan dan keunggulan ibu rumah tangga yang mengambil peluang bisnis dengan modal kecil.

  1. Salah satu resiko yang mengancam jika ibu rumah tangga memutuskan untuk mengambil peluang bisnis dengan modal kecil adalah mengurangi jumlah uang belanja untuk dialokasikan sebagai modal. Tidak bisa dipungkiri, menjadi ibu rumah tangga yang bekerja di rumah memang membuat seseorang tidak mendapat gaji. Ibu rumah tangga bisa mendapatkan uang jika diberikan uang belanja baik bulanan, mingguan, atau harian oleh suami yang bekerja. Dengan demikian, saat ingin memulai usaha, uang inilah satu – satunya sumber modal yang bisa digunakan. Jumlah modal yang kecil, ibu rumah tangga mungkin bisa menyisihkan uang belanja. Tetapi, bagaimana jika usaha gagal? Untuk mengatasi resiko ini, maka sisihkan uang belanja dalam jumlah sangat sedikit atau simpan apabila ada sisa saja. Jangan mengorbankan tabungan kesehatan atau pendidikan anak supaya tidak menyesal saat usaha kemudian gagal.
  2. Selain resiko, ada juga kelemahan peluang bisnis dengan modal kecil, yaitu keuntungan juga kecil. Seperti modalnya, maka keuntungan yang diperoleh juga tidak bisa langsung “melompat”. Dibutuhkan proses yang kontinu secara ulet agar ibu rumah tangga bisa membuka kran penghasilan yang baru. Meskipun demikian, kelemahan ini bukan tidak mungkin terselesaikan. Salah satu cara mengatasi kurangnya jumlah keuntungan adalah meluangkan waktu saat anak – anak bersekolah untuk promosi secara online. Jangan bebani diri dengan pulang pergi ke kurir dan mengambil barang. Lakukan semua secara online sehingga secara fisik keberadaan ibu rumah tangga tetap di rumah. Namun, jumlah keuntungan akan bisa bertambah jika ada promosi. Lakukan juga saat pertemuan ibu – ibu. Hal ini tentu akan meningkatkan jumlah keuntungan.

Dari segi keuntungan, saat ibu rumah tangga yang notabene bekerja di rumah ingin mengambil peluang bisnis dengan modal kecil,  hal ini sudah merupakan inovasi. Banyak keuntungan yang diperoleh, misalnya dari segi finansial penghasilan keluarga akan bertambah. Penghasilan yang bertambah tentu akan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Jika keperlua keluarga sudah terpenuhi semua, maka bisa jadi akan ada tabungan tambahan yang diperoleh dari usaha rumahan tersebut. Selain itu, keuntungan lain yang diperoleh adalah bertambahnya relasi. Pada zaman ini, relasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan serta daya komunikasi sosial seseorang. Jadi, ibu rumah tangga sangat dianjurkan mengambil kesempatan berharga tersebut supaya bisa mengaktualisasikan dirinya meskipun keputusan untuk menjadi rumah bagi anggota keluarga sangat mulia dan tidak bisa digantikan oleh siapapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *