Cara Membangun Relasi Bisnis yang Kreatif

0
32
Front view portrait of four business executives sitting in a line --- Image by © Royalty-Free/Corbis

Sebuah bisnis semakin berkembang pesat jika pemiliknya memiliki relasi yang kuat. Namun untuk mendapatkan banyak relasi tentunya anda mesti membangunnya terlebih dulu. Sebuah jaringan relasi tidak langsung jadi begitu saja. anda mesti membangunnya dari awal dan merawat hubungan tersebut. relasi bisnis sangat membantu untuk menyebarluaskan bisnis anda. selain itu makin banyak relasi tentunya jaringan bisnis anda juga berpeluang besar lebih cepat.

Untuk membangun relasi bisnis anda tidak boleh menunggu orang datang menghampiri anda. namun pastikan anda menjadi pioneer dalam membangun sebuah relasi. Banyak yang salah tanggap bahwa membangun relasi mesti menunggu oranglain menyapa terlebih dulu. Harusnya anda yang inisiatif menyapa teman lama atau mereka yang prospektif. Selain inisiatif tentunya masih banyak cara tersendiri untuk membangun relasi bisnis yang kreatif yang semuanya akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Berbagai Cara Membangun Relasi Bisnis yang Kreatif

  1. Inisiatif

Cobalah menjadi pelopor untuk membuka relasi dengan orang lain. Jadilah proaktif dan jangan menunggu oranglain terlebih dulu mencari anda. cobalah anda yang aktif menemukan relasi dan berhubungan dengan sesama pebisnis. Anda mesti inisiatif memulai interaksi dengan oranglain. Hubungilah orang yang anda kenal namun jarang berinteraksi. Bisa teman sekolah, sahabat di sosmed, dll. memang resiko terbesarnya adalah penolakan atau tanggapan dingin namun bukan berarti dengan berinisiatif langkah anda tidak berhasil.

  1. Kelola hubungan

Susun database teman-teman anda terlebih yang sesuai target dan prospektif. Kelola hubungan pertemanan anda dengan rajin menyapa mereka hingga berdiskusi bersama mereka. Peliharalah hubungan baik dengan teman dan oranglain. Hal ini akan memberikan kemungkinan besar relasi bisnis anda juga bertambah. Relasi yang semakin kuat merupakan bonus besar jika anda berhasil mengelola hubungan pertemanan.

  1. Konsisten

Bagaimanapun situasinya tetaplah menjalin hubungan baik dengan teman anda. walaupun teman anda tidak prospektif dan menolak jika diajak bergabung atau membeli produk anda, tetaplah konsisten mengelola hubungan pertemanan. ajaklah ia menghadiri acara yang disukai atau tetap berkomunikasi dengannya. Jika anda memutuskan hubungan pertemanan lantaran dia menolak membeli atau berkontribusi dalam bisnis, maka mereka akan mengira bahwa anda memiliki pamrih tersendiri atas pertemanan.

  1. Jadilah pembuat struktur jaringan relasi yang handal

Cobalah melakukan terobosan baru dengan membuat struktur jaringan relasi. Caranya dengan mengenalkan sahabat lama anda dengan sahabat baru. Secara tidak langsung langkah ini akan menjadi pembuka relasi bisnis anda. cara ini juga efektif membuka hubungan-hubungan baru yang lebih luas. jadilah pelopor jaringan relasi untuk membuka peluang tersendiri. Hal ini juga menjadi gerbang besar untuk interaksi yang lebih luas.

Demikian berbagai cara membangun relasi bisnis yang kreatif. Relasi sangat penting dalam bisnis karena menjadi salah satu motor keberhasilan bisnis anda. maka kelolalah secara baik agar bisnis pun berjalan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here