Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga

2 min read

bisnis sampingan

Ada banyak bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil yang bisa Anda mulai. Sebab, menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti berhenti mengejar mimpi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para ibu, khususnya untuk mereka yang ingin mengembangkan jiwa entrepreneur, adalah dengan membangun bisnis. Namun seringkali modal menjadi kendala utama yang membuat mereka berhenti untuk memulainya.

Apabila Anda adalah salah satunya, berikut ini bisnis sampingan ibu rumah tangga dengan modal kecil yang mungkin bisa Anda rintis mulai dari sekarang.

Menjadi penulis lepas

Ini diabisnis sampingan ibu rumah tangga yang pertama. Di zaman yang serba digital, penulis mempunyai peran yang sangat penting. Tidak perlu heran, lihat saja setiap website, aplikasi, bahkan hingga konten media sosial yang Anda buka, semuanya pasti membutuhkan konten tulisan.

Selayaknya berbicara, menulis juga bukanlah kemampuan yang belum tentu dimiliki oleh semua orang, sehingga jika Anda termasuk orang-orang yang memiliki kemampuan ini, pastikan untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Membuat berbagai kerajinan tangan

Untuk Anda yang memiliki kemampuan untuk mengolah barang-barang menjadi kerajinan tangan berkualitas dan bernilai tinggi, Anda punya peluang besar untuk menjadikan kemampuan ini menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan keuntungan besar.

Bisnis sampingan kerajinan tangan yang banyak mendapat permintaan dari pasar bisa berupa souvenir wisuda, penghantar seserahan pernikahan, bahkan hingga pembuatan hampers untuk parsel di hari-hari spesial.

Membuka jasa katering

Untuk Anda yang memiliki hobi memasak, ini jadi peluang Anda untuk mengembangkan bisnis sampingan di bidang kuliner. Tidak perlu berpikir rumit sampai ke tahap membuka sebuah restoran walau sangat mungkin bisnis di bidang ini diarahkan ke sana.

Jika Anda berniat berbisnis di bidang kuliner, Anda bisa memulainya dengan membuka jasa katering, mulai dari makanan berat untuk kebutuhan prasmanan, paket nasi boks, pesanan kue kering atau kue basah untuk kebutuhan arisan atau bisa juga jasa katering makanan khas suatu tempat seperti nasi kebuli dan lain-lain.

Menjadi dropshipper

Keberadaan e-commerce tentu memudahkan siapa saja untuk memulai bisnis sampingan dari rumah bahkan hanya dengan berbekal smartphone.

Hal ini juga yang Anda bisa lakukan dengan menjadi dropshipper atau penyalur barang dari distributor ke tangan konsumen.

Caranya pun sederhana, Anda bisa melihat tren barang apa saja yang sedang digandrungi oleh banyak orang lalu, tawarkan barang-barang tersebut kepada orang-orang di sekitar Anda.

Bisnis fashion hijab

Fashion sebagai salah satu sektor yang terus berkembang dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Kondisi ini telah memberikan peluang khususnya bagi para ibu yang berniat untuk memulai bisnis sampingan di rumah.

Salah satu tren fashion yang banyak disoroti beberapa tahun terakhir adalah fashion hijab. Berkat popularitasnya yang terus meningkat di kalangan ibu rumah tangga, tidak heran jika bisnis ini dianggap cocok sebagai bisnis untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil.

Menawarkan bumbu siap pakai

Saat ini semua dituntut untuk disajikan secara cepat, bahkan untuk urusan makanan sekalipun. Sayangnya, karena hal tersebut banyak yang kemudian beralih pada makanan-makanan instan yang menggunakan zat-zat pengawet.

Ini bisa jadi peluang bisnis sampingan tersendiri bagi Anda yang memiliki bakat memasak. Jika banyak orang melakukan food preparation untuk menyiapkan makanan selama satu minggu ke depan sekaligus mempersingkat waktu memasak, Anda bisa membantu ibu lainnya untuk membuat momen memasak menjadi semakin praktis dengan menawarkan bumbu siap pakai.

Bisnis tanaman

Sejak satu tahun terakhir gaya hidup minimalis sedang banyak dibahas dalam berbagai forum maupun di media sosial. Salah satu elemen penting yang sering disebut dalam forum-forum tersebut adalah keberadaan tanaman di dalam rumah untuk membuat rumah menjadi lebih segar dan nyaman untuk ditinggali.

Sejak saat itulah, mulai bermunculan baik online maupun offline store yang menjajakan tanaman hias dari yang klasik seperti lidah buaya hingga yang saat ini hits yaitu monstera.

Membuka usaha bimbingan belajar di rumah

Dengan ilmu yang sudah dipegang dari bangku sekolah maupun perguruan tinggi, hal ini menjadi salah satu bisnis sampingan ibu rumah tangga yang terbilang mudah dan membutuhkan modal yang tidak banyak.

Apalagi mengingat kebutuhan akan guru les yang semakin hari kian meningkat dikarenakan banyaknya anak-anak yang membutuhkan bimbingan belajar di beberapa mata pelajaran. Terlebih lagi di bidang  matematika dan bahasa inggris yang semakin krusial untuk di masa mendatang.

 

Itu tadi usaha sampingan ibu rumah tangga dengan modal kecil yang bisa jadi inspirasi untuk Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa kesuksesan dari bisnis yang Anda rintis tidak hanya berasal dari idenya saja, tetapi juga pengelolaan keuangan yang canggih agar bisa mempermudah pekerjaan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *